Hai Ibu, Mari Kenali ciri-ciri Balita Cerdas dan Berbakat sejak Usia Dini

313
Ciri-ciri Anak Cerdas dan Berbakat sejak Usia Dini

Balita cerdas tentu tumbuh sebagai harapan bagi suatu keluarga, untuk mewujudkannya, maka orang tua harus memberikan bimbingan dengan baik namun yang harus anda ingat Bunda, setiap balita mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda. Disisi lain perbedaan tingkat kecerdasan pada anak Balita tergantung dari asupan gizi, suri tauladan dan cara merawat bayi.

Sudahkah Bunda mengenali ciri-cirinya, jika belum yuk Kenali beberapa Ciri-ciri Anak Yang Cerdas Di Usia Balita sebagai berikut.

Pertama, Balita yang aktif. Meski tergolong usia yang masih sangat dini, tapi si Balita (usia 0-3 tahun) sudah memiliki kemampuan respon terhadap kondisi yang ada di sekitar, dan respon yang ditimbulkan akan berbeda-beda. Balita yang aktif termasuk Balita yang cerdas dimana sebab memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dibandingan dengan Balita yang hiperaktif. Balita hiperaktif cenderung tidak bisa diam dan sering melakukan sesuatu yang nakal seperti jail kepada orang yang disekitarnya. Namun demikian bukan berarti anak yang hiperaktif adalah anak yang kurang pintar. Memang dibutuhkan perhatian khusus dan usaha yang lebih maksimal untuk mendidik anak hiperaktif agar dapat menjadi anak yang cerdas.

Setiap-Anak-Itu-Cerdas-Hanya-Saja-Kecerdasan-Tiap-Anak-Itu-Beragam
Setiap anak itu Cerdas hanya saja Kecerdasan tiap anak itu beragam
Kedua, Balita yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, biasanya selalu ingin tahu segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Terkadang akan menunjukkan gerakan yang mengartikan mereka sedang bertanya baik dengan cara menghampirinya, menyentuh, merasakan atau berbicara sendiri. Disinilah peran orang tua harus lebih responsif, dimana orang tua harus lebih bijak dalam merespon pertanyaan yang ditunjukkan oleh anak. Jangan sampai sekali kali anda mengabaikannya….!!!

Ketiga, Balita yang memiliki kemampuan daya ingat yang tinggi. Ketika melihat atau mendengar sesuatu mereka akan merespon dan ketika apa yang pernah mereka lihat/dengar terulang kembali mereka akan menunjukkan responnya. Misalnya ketika menonton TV, dimana anak diputarkan kartun dora, ketika kartun tersebut diputar kembali maka bayi yang mengingatnya akan tertarik dan meniru perilaku apa yang ditampilkan atau menunjukkan gerakan seperti menunjuk, memukul, memanggil, untuk memberi tahu Bunda.

Keempat, Balita yang penuh dengan imajinatif. Biasanya ciri Balita yang cerdas memiliki daya imajinasi yang baik artinya sesuatu yang tidak nyata dibuat benar- benar ada. Terkadang pemahaman imajinatif pada bayi yang cerdas tidak mudah dipahami orang dewasa, itu artinya, ornag tua harus lebih kiat dalam memahami dunia imajinatif pada Balita yang cerdas.

Kelima, Balita yang memiliki kemampuan berbicara atau berbahasa yang baik. Balita yang cerdas mampu mengucapkan kalimat dengan baik meski hanya sepatah kata (usia 1-2 tahun). Tapi itu sangat wajar, bahkan Bunad bisa mengajarkannya dengan yang lebih baik seperti memanggil ayah bundanya. Biasanya anak yang cerdas akan meresponnya dengan cepat.
Keenam, Memiliki bakat khusus yang membuat anak tersebut menjadi Balita istimewa, seperti misalnya memiliki kemampuan berbicara dengan jelas yang cepat dalam usia 2 tahun, memiliki kemampuan suka bernyanyi, dan lainnya.

Bagaimana Bunda sudah megetahui ciri-ciri anak yang cerdas, mari Bunda kenali anak-anak kita, apakah termasuk salah satu Balita yang cerdas?. Jika Bunda sudah mengetahuinya, maka Perlakukanlah anak-anda sejak usia dini dengan sebaik-baiknya. Berikan Perhatian dan kasih sayang yang istimewa terhadapnya. Pastikan anda selalu memberikan quality time bersama buah hati anda untuk bermain bersamanya. Dan juga pastikan jika artikel ini bermanfaat bagikan ke teman-teman bunda.