Makanan Pendamping ASI ( MPASI)

91
MPASI

Waktu yang paling tepat untuk mulai memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi adalah ketika bayi menginjak usia 6 bulan, ini menurut WHO (World Health Organization). Tapi mengapa enam bulan? hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi sudah mulai siap untuk menerima tekstur dan jenis makanan lain yang lebih padat dibandingkan usia sebelumnya.

Usia 6 bulan sendiri bukanlah usia yang baku, tetapi di usia ini memungkinkan organ sistem pencernaan, kerongkongan dan perut bayi sudah cukup siap untuk mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat.

WHO memberikan saran agar makanan pendamping ASI yang diberikan kepada bayi harus mempunyai kandungan protein, energi, dan mikronutrien yang seimbang. Hal ini penting untuk bayi yang tengah mengalami masa pertumbuhan. Selain hal tersebut, penyajian makanan seharusnya dilakukan dengan cara higienis guna menghilangkan risiko terkontaminasi bakteri serta kotoran.

Memberi makanan pendamping ASI harus sabar, Tidak mengherankan jika bayi belum bisa langsung mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) sesuai ekspektasi orang tua. Di masa-masa ini, berikanlah waktu yang cukup kepada Buah Hati untuk belajar menikmati makanan selain air susu ibu atau susu formula. makanan pendamping ASI cloudfront.net

Memberi makanan pendamping ASI harus sabar, karenanya tidak mengherankan jika bayi langsung bisa mengkonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI) sesuai ekspektasi orang tua. Di masa percobaan ini bersabarlah dan berikan cukup waktu kepada buah hati untuk belajar menikmati makanan selain susu formula dan susu Ibu. Sebenarnya tidak lama, umumnya si kecil akan mulai terlihat kegirangan ketika diberikan sendok yang didekatkan ke mulutnya, ketika itu terjadi maka Ibu harus mulai menentukan menu makanan apa yang akan diberikan untuk si kecil.

Nah, membahas persoalan jenis/menu makanan pendamping yang akan diberikan kepada si buah hati, Alangkah baiknya jika ibu tidak sembarang memilih. Selektif dalam menentukan menu makanan yang akan diberikan untuk si kecil. Tentunya makanan sehat dan bergizi tinggi harus diutamakan. Karena memang tujuan awal MPASI ini agar kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan bayi terpenuhi. Diantara kebutuhan yang harus dipenuhi dalam makanan pendamping ASI tersebut adalah zat besi, seng, folat, dan berbagi jenis vitamin serta mineral lain. Kandungan gizi dan nutrisi harus proposional. Usahakan memilih makanan yang segar dan tidak melalui proses pengawetan.

Sumber : www. jempolkaki.com