Perawatan Metode Kanguru (PMK) dan Pengaruhnya Terhadap Bayi Prematur

185
Perawatan Metode Kanguru (PMK) dan Pengaruhnya Terhadap Bayi Prematur

Apa itu Perawatan Metode Kanguru (PMK) ?

Kangaroo Mother Care (KMC) atau Perawatan Metode Kanguru (PMK) adalah metode perawatan untuk bayi berat lahir rendah atau lahir prematur dengan melakukan kontak kulit ke kulit (skin tos kin). Bayi dalam kondisi telanjang menggunakan popok dan selembar kain menutupi punggungnya, diletakan pada dada ibunya (seperti kangguru), menyebabkan terciptanya istilah “perawatan kanguru.” dimana ibu menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan bayi. Metode perawatan ini juga terbukti mempermudah pemberian ASI sehingga meningkatkan lama dan pemberian ASI.

Bagaimana Perawatan Metode Kanguru ditemukan pertama kali?

Perawatan metode kanguru muncul sebagai respons terhadap tingkat kematian yang tinggi pada bayi prematur yang terjadi di Bogotá, Kolombia, pada akhir 1970 an. Di sana, angka kematian bayi prematur sampai 70 persen. Bayi-bayi itu sekarat karena infeksi, masalah pernafasan, dan kurangnya mendapat perhatian. Periset menemukan bahwa bayi yang dekat dengan tubuh ibunya sebagian besar tidak hanya bertahan hidup, tapi juga berkembang. Di Amerika Serikat, rumah sakit yang mendorong perawatan kangguru biasanya membuat ibu atau ayah mereka memberikan kontak kulit-ke-kulit dengan bayi prematur mereka selama beberapa jam setiap hari. Namun, kontak kulit-ke-kulit dianjurkan untuk semua bayi, termasuk bayi yang sudah berusia lanjut.

Apa manfaat Perawatan Metode Kanguru ?

Manfaat perawatan metode kanguru pada bayi meliputi:

  • Stabilisasi detak jantung bayi
  • Pola nafas yang lebih baik (lebih teratur)
  • Peningkatan tingkat kejenuhan oksigen (indikator seberapa baik oksigen dikirim ke semua organ dan jaringan bayi)
  • Waktu ibu dan bayi istirahat (tidur) lebih banyak
  • Menambah berat badan bayi lebih cepat
  • Menurunkan tangisan bayi sampai 17x
  • Tingkat kesuksesan menyusui lebih tinggi
  • Perawatan bayi prematur dengan metode Kangguru hanya membutuhkan waktu 1-3 jam daripada inkubator, sehingga waktu tinggal di rumah sakit lebih sedikit

Manfaat Perawatan Metode Kanguru kepada orang tua meliputi:

  • Peningkatan ikatan perasaan kedekatan ibu dengan bayinya
  • Meningkatnya persediaan ASI ibu
  • Meningkatnya kepercayaan diri dan kemampuan ibu dalam merawat bayi
  • Meningkatnya keyakinan bahwa bayi mereka dirawat dengan baik
  • Meningkatnya rasa kontrol ibu terhadap bayinya

Kenapa Perawatan Metode Kanguru lebih berhasil dari pada Ikubator?

Manfaat metode perawatan kanguru yang tercantum di atas semuanya telah ditunjukkan dalam penelitian. Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa sentuhan kulit ke kulit menstabilkan tingkat pernapasan dan jantung, meningkatkan tingkat kejenuhan oksigen, mengatur suhu tubuh bayi dengan lebih baik, dan melestarikan kalori bayi.
Saat seorang ibu sedang melakukan metode kanguru, bayi biasanya meringkuk di payudara dan tertidur dalam beberapa menit. Payudara itu sendiri telah terbukti berubah suhunya untuk mengakomodasi kebutuhan suhu tubuh bayi yang berubah-ubah. Dengan kata lain, payudara bisa meningkat dalam suhu saat tubuh bayi terasa dingin dan bisa menurunkan suhu saat tubuh bayi hangat. Tidur ekstra yang dibawa bayi dengan ibu dan bantuan dalam mengatur suhu tubuh membantu bayi menghemat energi dan mengalihkan pengeluaran kalori ke arah pertumbuhan dan penambahan berat badan. Diposisikan pada ibu juga membantu menstabilkan pernafasan dan denyut jantung bayi. Akhirnya, penelitian juga menunjukkan bahwa perawatan kangguru menghasilkan efek positif pada perkembangan otak.

Bagaimana Cara Memulai Perawatan Metode Kanguru

Jika di Rumah Sakit atau Penyedia Layanan Kesehatan, Perawat akan membahas perawatan metode kanguru dengan Anda. Petunjuk umum untuk melakukan perawatan kanguru adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan bra ibu dan kenakan blus atau kemeja yang terbuka di bagian depan. (baju pasien rumah sakit yang terbuka di bagian depan dapat ibu gunakan).
  • Bayi hanya memakai popok dan penutup kepala, kemudian ditempatkan di dada telanjang ibu dalam posisi tegak.
  • Tutupi bayi dengan baju, gaun, atau selimut.
  • Sekarang santai saja dan nikmati pengalaman ikatan unik ini.
  • Lakukan metode perawatan ini pada bayi ibu setidaknya 1-4 jam atau beberapa kali dalam seminggu.
  • Biarkan bayi ibu beristirahat. Ini bukan saatnya bermain dengan bayi ibu.

Ayah juga bisa melakukan perawatan metode kangguru pada bayinya juga. Rasa berbeda dari tubuh ayah akan memberikan rangsangan yang berbeda pada bayi.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi dokter dan perawat bayi ibu.

Informasi yang disediakan oleh Info Ibu dan Anak tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia layanan kesehatan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Ibu untuk mendapatkan saran mengenai kondisi medis yang spesifik.

Referensi