5 Cara Untuk Jaga Kesehatan Bumil Ketika Usia Kehamilan 2 Minggu

usia kehamilan 2 minggu adalah usia yang masih sangat rawan. Pada usia ini bumil banyak yang belum menyadari gejalanya. Jika anda sudah mengetahui maka penting untuk jaga kesehatan.

Kehamilan adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu apalagi oleh pasangan yang baru menikah. Masa kehamilan terkadang menjadi masa yang cukup sulit apalagi di awal trimester karena pada masa ini akan ada banyak gejala yang muncul seperti morning sickness. Pada masa ini ibu hamil perlu untuk selalu menjaga kesehatan agar embrio bisa berkembang dengan baik. Pada usia kehamilan 2 minggu anda mungkin belum merasakan gejala apapun namun ada juga yang sudah merasakan morning sickness pada awal masa kehamilan ini. Pada awal usia kehamilan anda perlu untuk melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan dan juga menghindari hal-hal yang dapat merusak kesehatan. Berikut ini ada beberapa hal yang sangat baik untuk anda lakukan di masa kehamilan:

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Pada usia kehamilan sekitar 2 minggu, ibu hamil perlu untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak gizi. Ada banyak sekali jenis makanan bergizi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil mulai dari sayur, buah, susu, ikan, daging, kacang-kacangan dan makanan sehat lainnya. Makanlah secara teratur jangan sampai terlalu lapar dan terlalu kenyang. Makan dengan porsi yang kecil namun sering akan menjadi hal yang sangat baik untuk membuat tubuh anda tetap bertenaga.

2. Banyak minum air

Air putih sangat penting bagi ibu hamil apalagi usia kehamilan 2 minggu. Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi air mineral atau air putih biasa asalkan jumlahnya tercukupi. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, anda akan mampu mempertahankan cairan tubuh dengan baik. Selain itu jika anda mengalami morning sickness, air putih akan membantu untuk mengurangi mual. Hindari lelah dan jika anda sudah merasa cukup lelah tinggal beristirahat dan minum air putih dengan cukup.

3. Setelah anda selesai makan, duduk dengan tegap

Apabila bumil sudah selesai makan sebaiknya mengusahakan diri untuk duduk dengan posisi tegak. Dengan posisi tegak selama 20 menit maka anda akan terhindari dari masalah seperti refluks dan juga heartburn. Perasaan seperti dada terbakar sering terjadi pada ibu hamil sehingga cara untuk mengatasinya perlu untuk anda ketahui. Kegiatan-kegiatan yang berat sebaiknya juga perlu untuk dihindari agar anda tetap selalu bugar dan tidak kelelahan. Pada masa awal kehamilan, anda akan sangat membutuhkan banyak waktu untuk merelaxasi diri agar tidak mudah lelah dan stress.

Usia Kehamilan 2 Minggu

Usia Kehamilan 2 Minggu

4. Mengatasi morning sickness dengan jahe

Pada usia kehamilan 12 hari memang belum banyak yang mengalami gejala mual yang parah. Terkadang rasa mual hanya timbul sebentar dan bahkan tidak teratur. Gejala yang justru sering terlihat adalah bukan seperti gejala orang hamil dan bahkan terkesan aneh. Jika anda mengalami perut kembung atau seperti ada perasaan masuk angin, cobalah untuk minum air jahe yang kadar jahenya tidak tinggi karena jika terlalu banyak jahe justru akan membahayakan kandungan. Jika ingin lebih aman anda bisa memakan permen jahe. Aroma air jahe juga akan sangat membantu mengurangi rasa mual.

5. Hindari stress

Pada masa awal pembentukan janin memang akan ada perasaan-perasaan kurang nyaman. Anda perlu untuk menjaga diri agar terhindar dari pikiran stress. Stress yang berlebihan akan berdampak pada produksi hormone. Tubuh anda harus selalu terjaga akar tetap bahagia selama masa kehamilan karena apa yang dirasakan oleh ibu akan sangat berdampak pada anak yang akan dilahirkan.

Usia kehamilan 2 minggu adalah masa dimana embrio masih sangat kecil dan masih dalam proses pembelahan sel. Ukuran dari embrio juga belum terlihat karena lebih kecil dari ukuran kacang poling. Bumil harus selalu berusaha untuk menjaga kesehatan dan harus terpenuhi kebutuhan gizinya.

5 Cara Untuk Jaga Kesehatan Bumil Ketika Usia Kehamilan 2 Minggu

5.026

Leave a reply "5 Cara Untuk Jaga Kesehatan Bumil Ketika Usia Kehamilan 2 Minggu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.