Perkembangan Janin Usia 3 Minggu Kehamilan

janin 3 minggu memiliki bentuk yang masih berupa segerombol sel yang ukurannya sangat kecil. Semakin hari sel akan semakin banyak sehingga janin juga akan semakin berbentuk.

Pada masa awal kehamilan, kebanyakan wanita hamil masih belum menyadari gejalanya karena memang sinyal jika sedang ada embrio bertumbuh belum terlihat. Pada usia janin 3 minggu biasanya juga masih belum terlihat gejalanya bahkan ada yang sampai usia 8 minggu. Namun bukan berarti pada masa tersebut tidak ada yang merasakan gejalanya. Morning sickness adalah sebuah gejala kehamilan yang sangat umum terjadi. Ada beberapa gejala lain selain morning sickness yang ternyata juga menandakan jika seseorang sedang hamil seperti putting susu yang tegang dan membesar, sering kentut, sering keluar lendir di kemaluan dan juga bahkan merasa cepat lelah.

Minggu pertama

Bagi anda yang ingin segera hamil dan saat ini sedang penasaran apakah memang benar anda sudah memasuki masa kehamilan maka penting untuk mengetahui informasi semacam ini. Pada minggu pertama kehamilan sebenarnya masih belum bisa dipastikan apakah anda benar-benar hamil atau tidak. Pada masa ini sel telur wanita sedang dalam masa penembusan oleh sel sperma. Sperma akan berenang masuk menembus sel telur dengan usaha yang sangat keras dan begitu gigih. Ketika sudah berhasil menembus maka akan terjadi proses lanjutan yakni proses pembuahan.

Minggu ke dua

Pada proses pembuahan ini biasanya terjadi pada minggu kedua. Pada usia 2 minggu nantinya akan terjadi pembelahan sel telur menjadi dua bagian. Proses pembelahan ini terjadi pada masa 30 jam setelah sperma berhasil membuahi sel telur. Pembelahan akan berlangsung sangat dramatis sehingga kedua sel yang telah membelah akan berenang menuju ke dinding rahim atau yang sering disebut sebagai blastosit. Pada masa ini akan terjadi lagi pembelahan hingga menjadi semakin banyak. Dari dua lalu membelah menjadi 32 dan kemudian akan terus membelah 2 kali lipat hingga semakin besar. Ukuran dari janin atau embrio pada usia kehamilan 2 minggu masih sangat kecil dan kurang dari 0,1 mm. Setelah usia janin 3 minggu maka ukurannya sekitar 0,1mm.

Baca Juga : Perkembangan Janin

Janin 3 Minggu

Janin 3 Minggu

Minggu ke tiga

Janin 3 minggu akan terus membesar karena memang pembelahan sel terus berlangsung. Disana akan ada ratusan sel yang menempel pada rahim sehingga ukurannya akan semakin nampak. Pada awal kehamilan atau pada usia ini wanita hamil terkadang masih belum menyadari jika ada janin yang sedang tumbuh di rahimnya. Gejala-gejala yang muncul bahkan dianggap sebagai masalah biasa dan tidak memberi dampak apapaun. Meskipun demikian, bagi yang sudah memahami jika gejala hamil bisa terlihat dengan gejala kecil seperti pegal, sedikit mual, sering berkeringat dimalam hari, banyak keluar lendir dan juga putting susu yang lebih gelap dan tegang maka dalam waktu 3 minggu akan mudah menyadarinya.

Pada usia kehamilan 3 minggu biasanya tes dengan menggunakan test pack masih belum efektif. Anda perlu untuk memastikan apakah anda benar-benar sudah telat haid dan juga merasakan ada gejala hamil yang terlihat. Jika sudah terasa ada sesuatu yang aneh dan menunjukkan beberapa gejala hamil anda bisa mengambil alat untuk mengetes kehamilan. Setelah masuk ke usia hamil 4 minggu maka anda akan bisa melihat dan memastikan apakah anda hamil atau tidak dengan menggunakan alat test kehamilan.

Pada janin 3 minggu ibu sebaiknya mempersiapkan diri dan juga mulai untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang bergizi menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, pertumbuhan dan perkembangan janin akan semakin baik sehingga anak akan lahir dengan sehat.

Incoming search terms:

  • perkembangan janin 3 minggu
  • hambar janin usia 3 minggu
  • ukuran janin 3 minggu
  • umur kandungan 3 minggu
  • usia kandungan 3 minggu

Perkembangan Janin Usia 3 Minggu Kehamilan

5.0112

Leave a reply "Perkembangan Janin Usia 3 Minggu Kehamilan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.