Perkembangan Janin Usia 5 Minggu Kehamilan

Bentuk janin 5 minggu masih sangat kecil dan beratnya pun bisa kurang dari 1 gram. Namun anggota tubuh dan organ-organ sudah mulai berkembang.

Kehamilan usia 5 minggu merupakan kehamilan trisemester pertama. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi dengan baik supaya pertumbuhan dan perkembangan janin tidak tak terganggu. Lalu, bagaimana bentuk janin 5 minggu? Setiap ibu hamil pasti ingin mengetahui perkembangan janin yang dikandungnya. Kadang juga ada rasa penasaran sudah seperti apa bentuk janin yang dikandung sekarang.

Perkembangan Janin Usia 5 Minggu

Pada usia kehamilan 5 minggu, bayi dalam kandungan belum berbentuk janin namun masih berbentuk embrio. Ukurannya masih sangat kecil, kira-kira sebesar biji wijen. Lebih tepatnya mirip kecebong kecil. Meski begitu, bentuk janin usia 5 minggu sudah bisa dikenali. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan perkembangan yang terjadi pada janin saat usia kehamilan memasuki minggu ke 5 berikut ini:

Perlu diketahui, jantung janin mulai berdetak pada usia 5 minggu. Namun, detakan jantung ini belum bisa dirasakan langsung oleh ibu hamil, melainkan harus diperiksa lewat USG. Selain detak jantung, sistem sirkulasi dari pembuluh darah sudah terbentuk juga. Artinya kesehatan janin harus benar-benar dijaga melalui ibu yang mengandungnya.

Kemudian, pembuluh-pembuluh syaraf juda sudah mulai berkembang dan menjadi otak. Bukan hanya itu saja, tulang belakang pun sudah mulai terbentuk juga. Lalu, beberapa bagian tubuh luar juga mulai terlihat, seperti hidung, rongga mata, telinga, tangan dan juga kaki. Secara keseluruhan, ia sudah bisa dikenali meski ukurannya masih sangat kecil di dalam rahim.

Perkembangan bentuk janin 5 minggu juga berpengaruh pada perkembangan kantung ketuban & rahim. Dengan ukuran janin yang masih sekitar 1,2 mm dan berat kira-kira 1 gram atau kurang, ia akan semakin berkembang seiring bertambahnya usia.

Bentuk Janin 5 Minggu

Bentuk Janin 5 Minggu

Pembentukan Jaringan pada Janin Usia 5 Minggu

5 minggu adalah usia kehamilan yang sangat krusial. Selain ukuran janin 5 minggu yang sudah terbentuk, di masa ini juga terjadi pembentukan jaringan, yang mada ada 3 lapisan. Lapisan-lapisan tersebut meliputi:

1. Lapisan Ektoderm

Lapisan ini nantinya yang akan membentuk sistem syaraf, mata, telinga serta jaringan ikat lain.

2. Lapisan Endoderm

Lapisan ini nantinya yang akan berkembang hingga menjadi organ-organ tubuh bayi meliputi kandung kemih, usus, dan paru-paru.

3. Lapisan Mesoderm

Lapisan ini nantinya yang membuat jalan untuk sistem peredaran darah dan jantung. Di beberapa minggu selanjutnya, lapisan ini juga berkembang menjadi sistem reproduksi, ginjal, otot dan juga tulang.

Selain lapisan-lapisan tadi, jaringan kulit juga terbentuk pada usia 5 minggu ini. Lapisan ectoderm membentuk dua lapisan. Yang pertama adalah epidermis di mana ia berfungsi sebagai kulit pelindung sedangkan yang kedua ialah dermis di mana ia berfungsi sebagai bantalan tubuh dan membentuk kelenjar minyak & kelenjar keringat.

Perubahan pada Ibu Hamil 5 Minggu

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 5, mungkin perut belum terlihat berubah. Akan tetapi, berat badan mungkin sudah naik sedikit. Biasanya, ibu hamil pada minggu ke 5 akan merasa tak nyaman. Rasa sakit di payudara juga biasanya terjadi. Ibu hamil juga akan lebih mudah lelah & sering buang air kecil.

Gejala paling umum adalah mual-mual & muntah. Kram pada perut juga bisa saja terjadi. Namun selama istirahat cukup dan kebutuhan gizi terpenuhi, maka janin akan tumbuh sehat dan kondisi ibu hamil tidak terlalu drop. Bentuk janin 5 minggu yang masih sangat kecil akan mulai berkembang lebih cepat pada minggu-minggu setelahnya.

Incoming search terms:

  • janin 5 minggu
  • janin usia 5 minggui
  • ukuran perut hamil 5 minggu

Perkembangan Janin Usia 5 Minggu Kehamilan

5.085

Leave a reply "Perkembangan Janin Usia 5 Minggu Kehamilan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.