Perkembangan Janin Usia 6 Minggu Kehamilan

No comment 158 views

Ukuran janin 6 minggu bisa diumpamakan sama besarnya dengan ukuran biji padi kecil. Janin dan ibunya akan terus mengalami perkembangan sampai kelahiran.

Setiap wanita yang sudah menikah, tentu akan sangat menanti-nanti kedatangan bayinya dalam kehidupan mereka. Tidak semua wanita menyadari kehamilannya sejak awal. Bahkan banyak yang baru mendapati diri mereka hamil pada usia janin minggu ke-6. Seberapa besar ukuran janin 6 minggu itu? Tentunya, ada ukuran normal janin setiap minggunya. Perkembangan yang lain pada janin pun juga akan mengikuti. Tidak hanya itu saja. Ibunya pun akan mengalami perubahan tubuh. Mari kita bahas lebih lanjut dalam kesempatan ini mengenai perkembangan janin ini dan perubahan tubuh ibunya untuk memahaminya lebih jauh. Semua calon ibu tentu perlu mengetahui masalah ini.

Perkembangan Janin Berumur 6 Minggu

Mari kita mulai diskusi ini mulai dari perkembangan janinnya terlebih dahulu. Berbicara mengenai perkembangannya, sebenarnya ada banyak aspek yang bisa dibahas. Akan tetapi, hal pertama yang menjadi perhatian ibu hamil tentu adalah ukuran janinnya. Tentunya, ukuran janin minggu ke-6 seharusnya lebih panjang dari ukuran minggu sebelumnya. Karena masih kecil, tentu perubahannya tidak se-signifikan yang anda bayangkan. Panjang janin pada minggu ini seharusnya sudah mencapai 3mm. Bila harus diumpamakan, ukurannya kurang lebih sebesar biji padi kecil. Kecil, bukan? Meski begitu, janin pada minggu ini sudahlah mengalami berbagai macam perkembangan pada tubuhnya.

Jika berbicara mengenai bentuknya, embrio dalam rahim pada tahap ini berbentuk bulan sabit. Ia memiliki ekor dan kulit yang tembus pandang. Cikal bakal kepala dan otak juga sudah terbentuk. Tidak hanya itu saja. Sistem saraf dan organ-organ penting, seperti ginjal, jantung, hati, dan paru-paru juga demikian. Meskipun ukuran janin 6 minggu masih kecil dan rentan, anda sudah bisa mendeteksi detak jantung janin dengan menggunakan gelombang ultrasound ketika melakukan pemeriksaan USG. Nantinya, janin ini akan mengalami perkembangan pesat hingga akhirnya siap untuk lahir ke dunia ini. Namun, karena masih rentan, ibu hamil harus selalu menjaga asupan gizinya dan cukup istirahat agar tidak keguguran.

Ukuran Janin 6 Minggu

Ukuran Janin 6 Minggu

Perubahan Tubuh Ibu Hamil Minggu Ke-6

Janin bukanlah satu-satunya yang mengalami sesuatu pada minggu ke-6 ini. Ibunya juga akan semakin menunjukkan perubahan tubuh. Karena janin masih kecil, ukuran perut ibu hamil belumlah besar dan terlihat jelas. Hanya saja, sudah banyak tanda-tanda kehamilan yang seharusnya terlihat, seperti morning sickness. Mungkin juga ibu hamil akan menunjukkan tanda vlek yang sering disalah artikan sebagai haids, meski kasus ini hanya terjadi pada 40% ibu hamil. Akan tetapi, untuk lebih jelasnya, ada tanda perubahan fisik dan mental ibu hamil enam minggu. Untuk perubahan fisik, tanda itu tidak lain adalah pembesaran payudara untuk mempersiapkan ASI bagi bayinya nantinya.

Tidak hanya ukuran payudara saja yang akan berubah. Payudara ibu hamil cenderung berubah lebih lembut dan halus juga. Bagaimana pun ini adalah bagian dari persiapan ASI untuk si bayi. Sementara untuk perubahan mentalnya, ibu hamil cenderung berubah menjadi lebih sensitif. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon, seperti hormon estrogen, progesterone, serta hCG dan HPL. Demikianlah, perubahan yang dialami oleh ibu hamil dengan ukuran janin 6 minggu. Tentunya, masih ada perubahan lebih lanjut nantinya seiring dengan perkembangan janin hingga cukup umur untuk dilahirkan. Jaga kesehatan anda dan konsultasikan dengan dokter bila anda mengalami ketidaknyamanan atau gangguan apapun.

Incoming search terms:

  • apa yang dirasakn ibu janinnya sehat umur 6minggu
  • bagaimana perkembangan janin usia 6 minggu
  • dimana letak janin 6 minggu
  • ukuran janin usia 6 minggu
  • ukuran normal janin usia 6 minggu

Perkembangan Janin Usia 6 Minggu Kehamilan

5.0158

Leave a reply "Perkembangan Janin Usia 6 Minggu Kehamilan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.