Perkembangan Janin Usia 4 Minggu Kehamilan

Banyak ibu hamil, memiliki sedikit pengetahuan tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu. Dan kurangnya konsultasi dengan Dokter atau Bidan mengakibatkan ibu hamil tidak tahu perkembangan janinnya ia tumbuh sehat atau janin tidak berkembang.

455
Perkembangan Janin Minggu ke minggu wallpaper

Selamat atas kehamilan ibu…
Ibu akan bisa mengetahui apakah Ibu hamil atau tidak, adalah pada minggu-minggu ini. Jika ibu ingin mendapatkan hasil yang akurat, maka ibu mungkin perlu menunggu beberapa hari lagi atau mungkin sampai seminggu setelah ibu melewatkan masa menstruasi ibu, sebelum ibu mencoba tes kehamilan di rumah.
infographic perkembangan janin usia 4 minggu kehamilan
Jika hasil tes ternyata positif, ibu bisa menghubungi dokter atau bidan dan kemudian mendaftarkan janji asuhan keperawatan pertama ibu. Sebagian besar penyedia layanan kesehatan tidak akan menangani ibu sampai kandungan/janin berusia sekitar delapan minggu, kecuali bila ibu memiliki kondisi medis, mengalami kesulitan dengan kehamilan sebelumnya, atau memiliki tanda-tanda yang harus diperiksa.

Jika tes kehamilan di rumah ibu ternyata negatif, mungkin tes lain pada lima minggu kemudian, jika ibu masih belum mendapatkan menstruasi. Beberapa tes urine tidak cukup sensitif untuk mengidentifikasi kehamilan pada minggu ke 4.

Sistem reproduksi wanita sangatlah kompleks, namun juga menakjubkan pada saat yang sama. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dengan satu telur dibuahi oleh sperma, mampu menghasilkan bayi yang baru lahir. Ada beberapa langkah yang terjadi dalam proses ini, dan setiap langkah harus terjadi tanpa kesulitan maupun masalah yang dapat mengganggunya.

Proses awal perkembangan janin adalah penempelan dari telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim (Implantasi). Penempelan pada lapisan rahim umumnya proses ini terjadi sekitar 9 hari setelah fase ovulasi, tetapi dapat bervariasi tergantung pada tubuh dan hormon sendiri. Setelah telur dibuahi dan menempel pada dinging rahim ia akan menjadi Blastokista, tak lama kemudian, blastokista ini menjadi embrio dan kemudian mulai berkembang menjadi janin dan inilah tahapan awal perkembangan janin.

Selama proses penempelan blastokista ibu akan mengeluarkan bercak darah. Pendarahan implantasi biasanya terjadi selama 6-12 hari setelah Ibu berovulasi dan sel telur dibuahi serta tertanam di dalam rahim Dan ini merupakan gejala awal kehamilan. Gejala yang menyertai biasanya ibu menjadi sangat sensitif, mungkin ibu mengalami perasaan kelelahan, mual, kembung, sensitifitas payudara, perubahan pada kulit dan rambut ibu.

Perkembangan Janin Minggu Ke 4

sumber ilustrasi babycenter.com

Minggu ini menandakan dimulainya periode embrio. Mulai sekarang sampai sepuluh minggu ke depan, semua organ janin ibu akan mulai berkembang, dan beberapa bahkan mulai berfungsi. Akibatnya, inilah saat dimana janin ibu sangat rentan terhadap segala hal yang mungkin menggangu perkembangan janin. Sampai sekarang, bayi ibu masih dalam bentuk embrio, dan berukuran sebesar biji kacang hijau, yang terdiri dari dua lapisan yang dikenal sebagai epiblast dan hypoblast, dari mana semua organ dan bagian tubuh akan tumbuh.

Pada titik ini, plasenta primitif terbentuk, dan terdiri dari dua lapisan. Sel-selnya masuk ke dinding rahim, sehingga membuat ruang bagi darah mengalir sehingga plasenta yang dihasilkan akan mampu menyimpan nutrisi dan oksigen ke janin ibu yang sedang berkembang. Pada perkembangan janin minggu ke 4, kantung ketuban akan menjadi rumah bagi janin ibu sedang cairan ketuban akan melindungi janin saat ia berkembang nantinya. Kantung kuning telur membantu memproduksi sel darah merah janin dan juga membantu memberi nutrisi kepada janin sampai plasenta tumbuh dan siap untuk mengambil alih tugas ini.

Perkembangan janin pada minggu ke 4 sampai minggu ke 10 akan mulai membentuk seluruh tubuh organ tubuh janin. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai berfungsi. Berikut ini perkembangan janin yang terjadi pada minggu ke 4 :

  • Embrio atau bakal janin telah tumbuh di dalam rahim ibu.
  • Pertumbuhan embrio bergantung pada kantung kuning telur. Kantung kuning telur memberikan nutrisi kepada embrio, sampai plasenta siap untuk mengambil alih.
  • Pada usia 4 minggu janin berukuran sebesar biji kacang hijau. Dan tak terlihat oleh mata telanjang.
  • Sel plasenta mulai berkembang. Sel plasenta mulai membentuk jaringan mikrokopis.

Pada perkembangan janin minggu ke 4 masih banyak terjadi regulasi dan pembelahan sel. Tiga lapisan sel mulai terbentuk.

  • Ektoderm (lapisan luar) pada akhirnya akan membentuk kulit, mata, rambut, sistem saraf, otak, dan gigi.
  • Mesoderma (lapisan tengah) akan menjadi tulang, otot, ginjal, jaringan, dan sistem vaskular.
  • Endoderma (lapisan dalam) yang akan berkembang menjadi organ dalam janin seperti sistem pencernaan dan sistem pernapasan seperti paru-paru, perut, usus dan kandung kemih janin.

Begitu sel memiliki fungsi spesifik, fungsinya tidak bisa diubah. Semua sudah diprogram sejak awal.

Seberapa Besar Ukuran Janin Ibu Minggu ke 4 ini?

Pada bulan pertama kehamilan atau perkembangan janin minggu ke 4, Telur yang telah dibuahi yang sekarang dikenal sebagai zigot adalah bola yang terdiri dari 32 sel seukuran kacang hijau. Kemudian, Zigot ini akan berkembang menjadi embrio dan janin yang lalu akan dilahirkan menjadi bayi ibu.
Panjang janin: kurang dari 1 cm.
Berat janin: kurang dari 1,5 gram.

Asam folat sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi ibu..Tubuh Ibu membutuhkan lebih banyak asam folat untuk perkembangan janin, konsumsi setidaknya 400-600 mcg asam folat setiap hari.

Perubahan Fisik Pada Kehamilan Minggu Ke 4

Ibu mungkin merasa gregetan karena ingin waktu berlalu dengan cepat, ibu selalu ingin melihat dan mengetahui perkembangan janin ibu. Tenang saja, minggu ini merupakan tahap awal perkembangan bayi yang sangat penting. Persiapkan fisik dan mental ibu untuk menjalani proses kehamilan selama 40 Minggu (9 bulan) kehamilan.

Pada awal perkembangan janin usia 4 minggu, ibu hamil belum mengalami perubahan fisik secara signifikan, tubuh ibu mulai beradaptasi dengan proses kehamilan ini. Pada usia kehamilan 4 minggu ini ibu hamil akan merasakan bad mood. Mudah marah dan tersinggung, sangat sensitif bau-bau yang ada di sekitarnya terutama asap rokok. Ibu hamil juga akan merasakan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Ibu mungkin mengalami efek implantasi berupa bercak darah.
  • Ibu hamil biasanya merasakan kram panggul dan kembung.
  • Mual juga mulai terasa terutama jika perut kosong.
  • Makanan atau hidangan harum tidak membuat ibu selera. Kopi, ikan, daging merah, atau makanan hewan membuat ibu hamil jadi ingin muntah.
  • Nyeri payudara dan puting juga lebih sensitif. Payudara terlihat lebih penuh apalagi jika ukurannya tidak terlalu besar.
  • Ibu akan lebih sering buang air kecil dan yang keluar hanya sedikit. Hal ini disebabkan meningkatnya volume darah dan kantung empedu menekan di bawahnya.

Tips Kehamilan Minggu ke 4

  • Bahaya rokok untuk ibu hamil : Walau Ibu tidak merokok, namun berada di sekitar perokok terutama bila pasangan ibu perokok aktif. Studi ilmiah membuktikan, Ibu hamil yang menjadi perokok pasif (terpapar terus-menerus asap rokok) bisa menambah resiko keguguran dan kehamilan yang berkembang di luar rahim (ektopik).
  • Jika ibu menggunakan obat atau resep karena masih dalam perawatan kesehatan, tanyakanlah kepada dokter ibu apakah aman untuk meminumnya.
  • Ibu harus sudah mengkonsumsi vitamin multivitamin atau prenatal sehari-hari yang terdiri dari sekitar 400 – 600 mikrogram (mcg) asam folat. Beberapa wanita memerlukan dosis asam folat yang lebih tinggi, jadi mintalah dokter atau bidan apa yang dia rekomendasikan.
  • Perkembangan janin minggu ke 4 sampai minggu ke 6 berikutnya sangat penting bagi perkembangan bayi. plasenta dan tali pusar, yang membawa makanan dan oksigen ke bayi ibu sudah mulai bekerja. Melalui plasenta janin mendapatkan makanan dan gizi. Dan ibu harus memastikan bahwa ibu mengikuti diet sehat sehingga ibu dan janin mendapatkan makanan bergizi yang baik.
  • Jaga kondisi fisik dan psikologi ibu, mintalah bantuan keluarga untuk mendukung kehamilan ibu.
  • Mafaatkan fasilitas pelayanan kesehatan gratis dan selalu konsultasikan ke Dokter atau tenaga medis.
  • Dan yang paling utama adalah berdoa agar proses kehamilan selama 9 bulan dan persalinan nantinya berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.

Perkembangan-Janin-Usia-4-Minggu-Kehamilan

Baca juga artikel dan video perkembangan janin

Next : Perkembangan Janin Minggu ke 5, Saat Janin Ibu Mulai Merasa Nyaman

Prev : Perkembangan Janin Minggu Ke 3

Catatan

  • Para ahli mengatakan setiap perkembangan janin di dalam rahim tumbuh secara berbeda-beda. Info perkembangan janin minggu ke 4 ini dirancang untuk memberi gambaran umum tentang bagaimana janin tumbuh di rahim.
  • Informasi yang disediakan oleh Info Ibu dan Anak tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia layanan kesehatan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Ibu untuk mendapatkan saran mengenai kondisi medis yang spesifik.

Referensi