Perkembangan Janin Usia 5 Minggu Kehamilan

Pada minggu ke 5 janin sedang berkembang dengan sangat cepat, ada banyak perkembangan yang terjadi di dalam rahim ibu dari sebuah embrio menjadi seorang bayi.

294

Perkembangan-janin-usia-5-minggu-kehamilan-infografi

Pada perkembangan janin usia 5 minggu kehamilan jantung janin ibu akan mulai berdetak!! Menakjubkan bukan?

Tahukah ibu seberapa banyak si kecil ibu telah tumbuh? Pada usia kehamilan lima minggu, mereka akan berukuran sekitar 5mm atau sebesar biji wijin, otak, jantung dan tulang belakang mereka akan tumbuh dengan kecepatan tinggi. Jantung janin ibu akan mulai berdetak sebentar lagi, dan jika ibu melakukan USG pada minggu-minggu yang akan datang, maka ibu akan melihatnya berkedip di monitor.

Pada tahap ini, kepala janin ibu juga akan mulai menunjukkan tanda-tanda perkembangan dengan perkembangan tabung saraf, yang merupakan awal dari hubungan antara sumsum tulang belakang dan otak janin, yang akan membantu mengendalikan fungsi penting bayi ibu bersamaan dengan denyut jantung dan juga suplai darah.

Embrio kecil ibu sekarang seukuran biji wijen dan kadar hormon kehamilan ibu (hCG)  sekarang cukup tinggi untuk memastikan bahwa ibu sedang hamil.

Usia kehamilan pada minggu ini (minggu ke 1 sampai ke 13) bisa disebut dengan kehamilan trimester pertama. Terkadang beberapa ibu hamil tidak mengetahui bahwa dia sebenarnya telah hamil sampai akhir trimester pertama. Jika ibu belum melakukan tes kehamilan, inilah saat yang tepat untuk melakukan tes kehamilan dan lakukan tes kehamilan saat ibu buang air kecil pertama kali di pagi hari, saat tingkat hormon kehamilan ibu (hCG) cukup tinggi. Jika ibu pergi ke dokter atau bidan sekarang, mereka bisa memperkirakan kapan persalinan/tanggal lahir bayi ibu. Kurangnya informasi dan pengetahuan tentang kehamilan dapat membahayakan kondisi ibu dan janin. Dengan mengetahui lebih dini kehamilan ibu, maka diharapkan segala sesuatu hal yang tak di inginkan dapat di minimalisir guna menjaga kesehatan bayi dalam kandungan ibu.

Perkembangan Janin Minggu Ke 5

Pada minggu ke 5 ini embrio sedang berkembang dengan sangat cepat, ada banyak perkembangan yang terjadi di dalam rahim ibu dari sebuah embrio menjadi seorang bayi. Pada perkembangan janin minggu ke 5, ukuran janin sekitar 5mm, dan otak, jantung dan tulang belakang janin akan tumbuh dengan sangat cepat. Tali pusar akan terbentuk pada minggu ini dan mulai bekerja, Hati janin ibu terdiri dari dua saluran kecil dan sudah mulai bekerja. Jantung bayi ibu akan mulai berdetak sebentar lagi, dan jika ibu melakukan USG pada akhir minggu ke 5 ini, kemungkinan ibu sudah dapat melihat jantung janin berkedip di monitor.

Bentuk janin usia 5 minggu menyerupai lintah daripada manusia. Namun, anggota tubuhnya akan berkembang dengan pesat pada minggu ini dan akan sempurna dalam beberapa minggu kedepan. Bayi sekarang terdiri dari tiga lapisan seperti ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Ini nantinya akan membentuk semua organ vital dan jaringan bayi

Pada perkembangan janin usia 5 minggu, yang mana otak bayi, sumsum tulang belakang, saraf, dan tulang punggung akan tumbuh dan berkembang di lapisan atas, yang disebut sebagai ektoderm. Lapisan ini juga akan memunculkan rambut, kuku, kulit, kelenjar susu dan kelenjar keringat, dan bahkan enamel gigi.

Bentuk janin usia 5 minggu lebih menyerupai lintah daripada manusia. Namun, anggota tubuhnya akan berkembang dengan pesat pada minggu ini dan akan sempurna dalam beberapa minggu kedepan

Jantung bayi dan sistem peredaran darah mulai terbentuk di mesoderm atau lapisan tengah. Apalagi, di minggu ini, jantung mungilnya mulai terpecah menjadi 4 bilik dan memompa darah. Mesoderm juga akan mengembangkan jaringan otot, tulang, tulang rawan dan subkutan bayi (di bawah kulit) bayi.

Lapisan dalam, yang dikenal sebagai endoderm, akan menampung paru-paru, usus, dan juga sistem saluran kemih awal. Selain itu, juga menampung hati, tiroid, dan pankreas. Sementara itu, plasenta primitif dan tali pusar, yang membawa makanan dan oksigen ke bayi, sudah mulai bekerja.

Melihat Perkembangan Janing Usia 5 Minggu di dalam Rahim Ibu

Perkembangan Janin 5 Minggu

Kandung kemih: Ibu mungkin segera menyadari keinginan untuk Buang Air Kecil (BAK) lebih sering. Disebabkan volume darah ibu meningkat, yang menciptakan banyak cairan tambahan tambahan yang berakhir di kandung kemih.

Embrio: janin saat ini berukuran seukuran biji wijen, dan terbuat dari tiga lapisan sel yang saling menyelimuti.

Tabung saraf: Ibu akan dapat menemukan tabung saraf di lipatan lapisan atas embrio. Ini akan tumbuh ke dalam otak bayi, syaraf, sumsum tulang belakang dan juga tulang punggung.

Plasenta : Pembuluh darah mungil yang membentuk plasenta primitif membawa makanan dan oksigen yang dibutuhkan ke embrio.

Kantung kuning telur: Kantung kuning telur akan segera menghasilkan perannya mengantarkan nutrisi ke plasenta yang sedang tumbuh.

Kantung ketuban: Kantung ketuban akan menjadi rumah embrio, janin akan berenang di lautan ketuban.

Seberapa Besar Ukuran Janin Ibu Minggu ke 5 ini?

Ukuran bayi usia 5 minggu ini berukuran kira-kira seukuran biji wijen, janin ibu saat ini menyerupai lintah dari pada bayi/janin. Jika ibu melakukan USG pada minggu ke 5 awal kemungkinan janin ibu belum terlihat.

Saat janin berusia lima minggu kehamilan, panjang dan berat janin sebagai berikut:
Panjang embrio sekitar 0,118 inchi.
Berat janin kurang dari 0,04 ons.

Perubahan Fisik Ibu Pada Kehamilan Minggu Ke 5

Ibu mungkin merasakan beberapa ketidaknyamanan yang berhubungan dengan kehamilan. Banyak ibu hamil menggambarkan kelelahan, sakit payudara dan sering buang air kecil dimulai pada minggu-minggu awal. ibu mungkin juga merasa mual, meski lebih cenderung muncul dalam minggu-minggu berikutnya.

Pada kehamilan trimester pertama, sebaiknya ibu tidak melkukan aktivitas yang berat atau terlalu berlebihan. Kondisi yang telalu kelelahan dapat mempengaruhi pada perkembangan janin ibu, apalagi saat usia janin ibu masih begitu muda.

Pada kehamilan trimester pertama perkembangan janin dalam rahim ibu bisa terganggu bila asupan gizi dan nutrisi si ibu berkurang. Hal ini disebabkan secara alami ibu hamil akan mengalami pusing, mual dan muntah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kenaikan level hormon kehamilan estrogen dan progesteron serta human chorionic gonadotopin (hCG).

Walau banyak diantara ibu hamil mengalami perasaan mual dan muntah, kondisi ini jangan sampai mengganggu untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk si janin yang ibu kandung. Untuk mengatasi agar asupan gizi ibu tercukupi, ibu hamil diajurkan untuk makan dalam porsi sedikit namun sering.

Ibu juga perlu memikirkan rutinitas olah raga kehamilan yang benar, walaupun beberapa ibu hamil baru melakukannya di akhir trimester (trimester ketiga). Latihan membantu ibu untuk mengembangkan kekuatan dan stamina yang ibu perlukan untuk mengatur berat tambahan yang akan ibu bawa. Ini dapat membantu mencegah beberapa nyeri kehamilan, dan banyak ibu hamil menyadari bahwa ini adalah peredam tekanan yang hebat. Olahraga juga bisa membantu ibu mempersiapkan menghadapi persalinan. Pilih olahraga yang aman dan cukup kuat ibu lakukan. Berjalan dan berenang adalah dua pilihan terbaik untuk ibu hamil.

Tips Kehamilam Usia 5 Minggu : Kehamilan dan janin yang sehat

Bulan-bulan awal kehamilan ini sangat penting untuk perkembangan bayi ibu. Mengambil beberapa langkah penting sekarang dapat membantu melindungi kesehatan bayi ibu dan kesehatan ibu sendiri.

  • Dapatkan perawatan prenatal awal. Perawatan prenatal yang baik sangat penting untuk kesehatan bayi dan kesehatan ibu. Pada kunjungan prenatal pertama ibu (biasanya sekitar delapan minggu) ibu akan diskrining untuk mengetahui kondisi tertentu yang dapat menyebabkan komplikasi.
  • Ambil vitamin prenatal ibu. Sebagian besar suplemen pralahir mengandung lebih banyak asam folat, zat besi, dan kalsium. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi ini. (Jangan berlebihan, sebab dalam beberapa kasus bisa berbahaya.)
  • Sangat penting untuk mendapatkan cukup asam folat saat program hamil dan selama trimester pertama ibu karena ini sangat penting untuk mengurangi risiko bayi ibu terkena cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida.
  • Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan ibu tentang obat yang ibu pakai. Banyak obat – bahkan obat-obatan terlarang – tidak aman selama kehamilan. Jika ibu menggunakan obat untuk mengobati kondisi kronis, jangan hentikan namun segera hubungi dokter kandungan atau penyedia layanan kesehatan ibu untuk meninjau daftar obat ibu dan mencari tahu apakah aman atau tidak. Sebutkan semuanya, bahkan suplemen dan herbal.
  • Pastikan rumah dan tempat pekerjaan ibu aman. Beberapa pekerjaan atau hobi bisa berbahaya bagi ibu dan janin ibu yang sedang berkembang. Jika ibu secara rutin terpapar bahan kimia, logam berat (seperti timbal atau merkuri), agen biologis tertentu, atau radiasi, ibu perlu melakukan beberapa perubahan sesegera mungkin. Perlu diingat bahwa beberapa produk pembersih, pestisida, pelarut, dan timbal dalam air minum dari pipa tua juga bisa berbahaya. Bicaralah dengan dokter atau bidan ibu tentang rutinitas harian ibu, sehingga ibu bisa menemukan cara untuk menghindari atau menghilangkan bahaya di rumah dan tempat kerja ibu.

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Kehamilan

Terkadang pada perkembangan janin usia 5 minggu kehamilan ibu hamil belum mengetahui secara pasti hal apa saja yang tidak boleh dilakukan atau di larang selama kehamilan, terutama saat kehamilan trisemester pertama. Hal ini penting untuk diketahui oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi dan kesehatan janin. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan antara lain :

  • Berhenti merokok (selamanya) dan hindari paparan asap rokok. Merokok maupun perokok pasif meningkatkan risiko sejumlah masalah, termasuk keguguran, masalah plasenta, dan kelahiran prematur. Ini juga memperlambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko lahir mati dan kematian bayi. Beberapa penelitian bahkan menghubungkan merokok dengan peningkatan risiko memiliki bayi dengan bibir sumbing atau langit-langit mulut.
  • Berhenti minum alkohol. Sedikit saja minum sehari dapat meningkatkan kemungkinan berat lahir rendah dan meningkatkan risiko bayi ibu pada kemampuan belajar, berbicara, memperhatikan, bahasa, dan hiperaktif. Tidak ada yang tahu persis seberapa berbahaya minum alkohol walau dengan jumlah terkecil bagi bayi yang sedang berkembang, jadi tinggalkan alkohol sama sekali.
  • Sekarang saatnya berhenti makan makanan yang tidak di masak secara matang, daging, telur setengah matang dan beberapa jenis ikan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit bawaan yang ada pada makanan yang dapat membahayakan bayi ibu.
  • Jika ibu memiliki kucing, saatnya untuk menitipkan ke keluarga atau penitipan hewan. Hal ini berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi yang disebut toxoplasmosis, yang dapat membahayakan bayi ibu yang belum lahir .
  • Penggunaan anti serangga atau obat anti nyamuk dalam bentuk apapbun sebaiknya di hindari, sebab obat nyamuk dalam bentuk semprot, bakar, listrik, maupun lotion mengandung baham kimia aktif golongan pestisida. Efek zat kimia ini dapat memicu kerusakan saraf. Obat anti nyamuk jenis semprot mengandung minyak tanah dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal janin. Sedangkan obat anti nyamuk lotion mengandung bahan korosif dan dapat diserap kulit sehingga menjadi racun dalam tubuh. Ibu obat nyamuk dengan menggunakan minyak Kayu Putih.

Baca juga artikel dan video perkembangan janin

Next : Perkembangan Janin Minggu ke 6, Saat Janin Ibu Mulai Merasa Nyaman

Prev : Perkembangan Janin Minggu Ke 4

Catatan

  • Para ahli mengatakan setiap perkembangan janin di dalam rahim tumbuh secara berbeda-beda. Info perkembangan janin minggu ke 5 ini dirancang untuk memberi gambaran umum tentang bagaimana janin tumbuh di rahim.
  • Informasi yang disediakan oleh Info Ibu dan Anak tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia layanan kesehatan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Ibu untuk mendapatkan saran mengenai kondisi medis yang spesifik.

Referensi