Perkembangan Janin Usia 6 Minggu Kehamilan

Bayi di rahim ibu tumbuh dengan sangat cepat, dan perkembangannya terus berlanjut pada minggu keenam ini. Jantung janin berdetak hampir dua kali lebih kencang daripada jantung ibu.

525
Perkembangan Janin Usia 6 Minggu Kehamilan

Perkembangan janin usia 6 minggu kehamilan infografi
Sekarang ibu berada di perkembangan janin usia 6 minggu kehamilan dan bagaimana perkembangan si kecil? Pada enam minggu kehamilan, semua organ vital janin ibu telah berada ditempat semestinya.

Pada perkembangan janin usia 6 minggu jantung janin ibu yang sedang tumbuh sekarang seukuran kacang lentil. Jantung janin berkembang dari pembuluh tunggal yang sederhana menjadi 4 ruangan organ yang sangat rumit, dan akan membantu memompa darah ke seluruh tubuh janin. Organ vital janin ibu yang lain seperti paru-paru, hati dan ginjal juga akan perkembang pada tempatnya sekarang. Kuncup kecil yang tumbuh sekarang secara bertahap akan menjadi kaki dan lengan janin, dan akan berkembang pesat pada minggu ke enam ini.

Ibu mungkin mengalami sentuhan ‘hormonal’, perasaan yang berubah-ubah terkadang senang, murung dan rasa cemas. Perasaan tidak menentu seperti ini yang ibu alami itu adalah normal terjadi pada perkembangan janin usia 6 minggu kehamilan. hal ini disebabkan oleh hormon yang sedang berfluktuasi. Selain itu, morning sickness, kelelahan dan perasaan lelah umum lainnya membuat ibu hamil tidak merasa nyaman. Sekarang saatnya untuk memperhatikan asupan makanan ibu. ibu harus memastikan bahwa ibu memakan makanan yang sehat dan memberi energi. Tapi selain itu ibu juga harus memastikan bahwa ibu tidak mengkonsumsi makanan yang bisa membahayakan bagi ibu dan juga si bayi.

Mendapatkan banyak udara segar juga akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi ibu saat perkembangan janin tumbuh pesat. Tubuh ibu hanya akan mampu menghasilkan Vitamin D jika ibu terkena sinar matahari. Oleh sebab itu, ibu harus keluar dan berjalan-jalan di pagi hari beberapa saat sinar matahari cerah.

Pada seperempat ibu hamil akan mengalami bercak bintik-bintik darah pada celana atau perdarahan dan ini relatif umum terjadi pada awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi pada kehamilan normal, tapi terkadang bisa menjadi tanda awal keguguran atau kehamilan ektopik. Jika ibu memiliki bercak atau pendarahan yang banyak atau merasakan sakit/kram, segera hubungi Dokter, bidan atau penyedia layanan kesehatan ibu.

Perkembangan Janin Minggu Ke 6

Pada minggu ke 6 kehamilan ibu, detak jantung janin ibu berdenyut sekitar 150-160 per menit, yaitu kira-kira dua kali detak jantung ibu. janin ibu kini memiliki tangan dan kaki berselaput kecil yang berbentuk seperti dayung. Pada minggu keenam, lidah dan pita suara janin ibu juga akan mulai terbentuk. Janin sekarang hampir terlihat lebih mirip bayi daripada mirip seperti lintah pada minggu yang lalu.

Kepala bayi ibu sama besarnya dengan bagian tubuhnya, dan kuncup lengan dan kakinya mulai membesar. Hidungnya mulai terlihat, dan kelopak mata mulai terbentuk. Mata janin ibu sudah memiliki lensa pada titik ini, begitu pula iris, kornea, dan retina berpigmen. Tulang belakang bayi ibu benar-benar berkembang dan telah ditutup pada kedua ujungnya. Di dalam paru-parunya, cabang sekunder mulai muncul, dan mereka akan terus bercabang setelah dia lahir. Suatu hari cabang-cabang ini akan terhubung ke 300 juta kantung udara kecil (disebut alveoli) di paru-parunya.

Meski darah ibu memasok nutrisi dan oksigen ke janin ibu yang sedang tumbuh, darah ibu tidak mengalir secara langsung ke janin. Sebagai gantinya, ia melewati tali pusar ke janin melalui plasenta, organ berbentuk cakram dengan banyak akar dan vena kecil. Plasenta menghasilkan hormon yang mendukung pertumbuhan bayi; Ini juga mengirimkan nutrisi dan oksigen ke janin dan membantu mengeluarkan limbah bayi. Anggap saja itu sebagai filter yang mengagumkan yang mencegah aliran darah ibu dari pencampuran langsung dengan bayi ibu; Karena saringan ini, bayi ibu bisa memiliki golongan darah yang berbeda dari ibu.

Pada perkembangan janin usia 6 minggu usus janin tumbuh dengan pesat, dan kuncup jaringan yang akan terbentuk ke paru-parunya juga akan muncul. Terlepas dari semua kelenjar pituitari ini juga terbentuk, bersamaan dengan sisa otak, tulang dan ototnya. Sampai sekarang, bayi ibu berukuran hanya seperempat inci, yang hampir seukuran miju-miju.

Pada perkembangan janin usia ke 5 minggu lalu, calon bayi ibu masih terlihat tidak lebih dari selembar sel dan bentuk embrio/janin masih mirip dengan lintah. Minggu ini, embrio telah memiliki bentuk tubuh yang mudah dikenali (setidaknya, jika ibu melihatnya dengan USG).

Sekarang embrio membentuk huruf C yang khas selama perkembangannya. Ibu mungkin atau bahkan dapat memperhatikan setelah bayi lahir, bayi ibu lebih suka bersikap bentuk C yang familier ini, lutut dilipat ke dada dan kepala melengkung ke perutnya. Dalam bentuk ini, tali pusat telah berada diposisi seharusnya, tumbuh ke dalam perut embrio ibu dan kemudian menjangkau kantung kehamilan. Tepat di atas perut, jantung membesar dan memompa darah untuk pertama kalinya. Di sepanjang bagian belakang bentuk C, tabung saraf menciptakan sumsum tulang belakang bayi ibu yang belum matang.

Untuk melacak pertumbuhan dan perkembangan janin ibu, Dokter akan menggunakan USG untuk mengukur ukuran embrio dari atas kepala sampai ke bawah. Disebut CRL (Crown Rump Length): ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan trimester pertama, pengukuran ini akan digunakan selama kehamilan ibu untuk memastikan janin berkembang sesuai jadwal dan untuk memprediksi tanggal lahir bayi ibu. Pada tahap awal kehamilan, penyedia layanan kesehatan ibu kemungkinan besar tidak akan meminta ibu melakukan USG. Jika ibu menerima pemeriksaan ultrasound (USG) selama minggu ini, dokter kemungkinan bisa mendengar atau melihat detak jantung janin.

Melihat Perkembangan Janing Usia 6 Minggu di dalam Rahim Ibu

Sumber Gambar : Babycenter.com

  • Tangan : Janin ibu sudah mempunyai tangan mungil yang berbentuk seperti dayung,  dengan anyaman tebal di antara jari-jari yang sedang berkembang. Ibu akan bisa melihat lengan bayi yang bergerak akhir minggu ini nanti.
  • Jantung : Jantung si kecil berdetak hampir dua kali lebih kencang daripada jantung ibu.
  • Kaki : Janin ibu akan mulai menggerakkan kakinya akhir minggu ini.
  • Rahang bawah : Tali lidah dan pita suara mulai terbentuk di mulut bayi.

Seberapa Besar Ukuran Janin Ibu Minggu ke 6 ini?

Saat usia janin memasuki usia 6 minggu, ukurang janin sebesar kacang lentil dan dilindungi oleh kantung ketuban

Janin akan memiliki panjang rata-rata 2-4 mm, diukur dari atas kepala sampai dengan ekor janin. Dan Berat janin kurang dari 1 gram.

Perubahan Fisik Ibu Pada Kehamilan Minggu Ke 6

Tanda awal kehamilan sebelumnya masih akan dirasakan saat ini, seperti mual, kepekaan terhadap bau, kelelahan, kurang energi dan perasaan sensitif . Perubahan fisik ibu pada minggu ke 6 kehamilan diantaranya

  • Mual dan Muntah: Pada awal kehamilan biasanya Ibu merasakan mual dan muntah karena perubahan hormon. Sebaiknya makan sedikit namun sering, misalnya makan biskuit sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, bisa membantu mengurangi rasa mual ini. Makan makanan sehat akan memberi nutrisi yang Ibu butuhkan selama kehamilan.
  • Perasaan sensitif : Ibu juga mulai merasakan perubahan perasaan yang naik-turun secara cepat (moodswing). Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tersebut. Atasi perubahan emosional ini dengan lebih banyak bercerita dengan orang-orang terdekat, supaya Ibu tidak merasa sendirian dalam menjalani proses kehamilan ini.
  • Kembung: Yang ini sampai ke progesteron yang terbang mengelilingi tubuh Anda sekarang juga. Ingatlah untuk makan banyak serat dan minum banyak air untuk menghindari sembelit, yang hanya akan membuat perut kembung itu terasa lebih buruk.Ngidam : Ibu mungkin merasa mual atau lapar terus menerus. Dan ibu mulain menginginkan makanan tertentu (mengidam). Daging, ikan, seafood, buah, dan bahkan es batu adalah contoh makanan yang sering diinginkan ibu saat hamil (ngidam).
  • Payudara dan puting susu lebih sensitif : Ibu mungkin melihat semburat biru di payudara karena pembengkakan pembuluh darah dan juga pembesaran ukuran payudara. Puting susu terlihat lebih gelap.
  • Cairan vagina : Ibu akan merasakan cairan vagina lebih banyak dihasilkan dari biasanya. Jika berlebihan dan membuat ibu merasa gatal dan berbau busuk, berkonsultasilah dengan dokter. Infeksi jamur (ISK) umumnya dialami oleh wanita hamil Karena hormon sedang berlomba dan ada perubahan pada flora dan pH vagina ibu.
  • Air Liur : Banyak ibu hamil mengalami produksi air liur yang berlebihan sehingga mereka harus menelannya berulang kali. Ini normal, dan akan berhenti dalam beberapa minggu ke depan.
  • Sakit kepala : Ada ibu hamil yang mengeluh sakit kepala selama kehamilan 6 minggu. Jangan menyerah pada obat-obatan, cobalah perawatan lain seperti berbaring, makan makanan sehat, banyak minum air putih, atau mandi air hangat. Pijat lembut kepala juga bisa dijadikan solusi.
  • Pinggang melebar : Jika ibu sudah pernah punya anak sebelumnya, mungkin ibu akan merasakan pakaian yang lebih sempit di sekitar lingkar pinggang dan dada. Ini bukan karena ukuran bayi yang semakin besar, tapi ini hanya proses pembesaran tubuh saja.
  • Kelembutan Payudara: Anda tidak membayangkannya; Payudara Anda semakin besar dan puting susu Anda menunjukkan lebih banyak. Mereka mungkin juga merasa sangat lembut saat tubuh Anda bersiap untuk menyusui.
  • Kelelahan: Tubuh Anda menumbuhkan bayi, jadi pasti akan habis! Dengarkan dan merasa bebas untuk membatalkan pengaturan makan malam dan mendapatkan malam menjelang malam. Konon, sebanyak mungkin Anda tidak merasakannya, mencoba dan menyesuaikan beberapa latihan – mungkin berjalan dengan lembut atau kelas yoga. Endorfin akan membantu Anda merasa lebih baik dan bisa membantu Anda tidur.

Tips Kehamilam Usia 6 Minggu

  • Hindari bahan kimia, toksin, obat-obatan, sinar-X, alkohol, atau perilaku berisiko pada umumnya di minggu ini. Minggu ke 6 sangat penting untuk perkembangan embrio.
  • Berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok, sebab rokok sangat berbahaya bagi ibu hamil dan kesehatan janin ibu.
  • Sediakan banyak makanan ringan dirumah atau saat bepergian. Biskuit asin, manis, dan air sangat berguna dalam mengatasi mual.
  • Spotting atau perdarahan hampir terjadi pada awal kehamilan, mempengaruhi hingga seperempat wanita hamil. Hal itu bisa terjadi pada kehamilan normal, tapi terkadang bisa menjadi indikasi pertama keguguran atau kehamilan ektopik. Jika ibu mengalami pendarahan atau bercak darah, ibu harap segera menghubungi dokter, bidan atau penyedia layanan kesehatan ibu.
  • Jangan khawatir jika berat badan ibu turun. Mual dan muntah bisa menyebabkan berat badan turun. Pada minggu-minggu kedepan ibu masih punya banyak waktu untuk mengejar ketinggalan.
  • Sediakan plastik di mobil kalau ibu ingin terus beraktivitas. Jangan malu jika ibu merasa tiba-tiba ingin muntah saat berada di ruang publik. Banyak wanita telah melewati tahap ini.

Yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan Selama Kehamilan Trimester Pertama

Asam folat (Vitamin B9) sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi ibu. Tubuh Ibu membutuhkan lebih banyak asam folat untuk perkembangan janin, konsumsi setidaknya 400-600 mcg asam folat setiap hari.

Kebutuhan Asam Folat Harian:

  • Balita membutuhkan Asam folat (Vitamin B9) 150 mcg setiap hari
  • Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan Asam folat (Vitamin B9) 200 mcg setiap hari
  • Anak 9-13 tahun membutuhkan Asam folat (Vitamin B9) 300 mcg setiap hari
  • Remaja dan dewasa membutuhkan Asam folat (Vitamin B9) 400 mcg setiap hari
  • Ibu hamil membutuhkan Asam folat (Vitamin B9) 600 mcg setiap hari
  • Ibu menyusui membutuhkan Asam folat (Vitamin B9) 500 mcg setiap hari

Tahukah ibu bahwa asam folat dapat kita dapatkan dengan murah dan mudah, beberapa makanan, sayuran dan buah-buahan yang mengandung asam folat :

Sayuran yang mengandung asam folat
Bayam (194 mcg / 100 gr, 49% AKG)
Bit Merah (107 mcg / 100 gr, 27% AKG)
Brokoli (63 mcg / 100 gr, 16% AKG)
Kubis (43 mcg / 100 gr, 11% AKG)
Seledri (36 mcg / 100 gr, 9% AKG)

Makanan yang mengandung asam folat
Kacang Lentil (181mcg / 100 gr, 45%)
Kacang Tanah (120 mcg / 100 gr, 30%)
Kacang Kenari (98 mcg / 100 gr, 25%)
Kacang Polong (63 mcg / 100 gr, 13%)
Kacang Almond (50 mcg / 100 gr, 12%)

Buah-buahan yang mengandung asam folat
Pisang (20 mcg / 100 gr, 5%)
Jeruk (30 mcg / 100 gr, 8%)
Tomat (22.3 mcg / 100 gr, 6%)
Alpukat (20 mcg / 100 gr, 5%)
Pepaya (38 mcg / 100 gr, 10%)

Baca juga artikel dan video perkembangan janin

Next : Perkembangan Janin Minggu ke 7, Saat Janin Ibu Mulai Merasa Nyaman

Prev : Perkembangan Janin Minggu Ke 5

Catatan

  • Para ahli mengatakan setiap perkembangan janin di dalam rahim tumbuh secara berbeda-beda. Info perkembangan janin minggu ke 6 ini dirancang untuk memberi gambaran umum tentang bagaimana janin tumbuh di rahim.
  • Informasi yang disediakan oleh Info Ibu dan Anak tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia layanan kesehatan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Ibu untuk mendapatkan saran mengenai kondisi medis yang spesifik.

Referensi