Perkembangan Janin Usia 7 Minggu Kehamilan

Perkembangan janin usia 7 minggu kehamilan, panjang janin Ibu mencapai 12 mm. Sistem pencernaannya sudah mulai berkembang. Bentuk lengan dan kakinya serta jari-jarinya mulai terlihat. Kelopak mata dan hidung juga mulai terbentuk. Saat ini janin Ibu sudah mulai terlihat seperti bayi.

177
Perkembangan-bayi-usia-7-minggu-kehamilan

Perkembangan-Janin-Usia-7-minggu
Memasuki perkembangan janin usia 7 minggu kehamilan ini, tak terasa sekarang Ibu sudah berada di tengah trimester pertama. Meski ibu mungkin tidak terlihat seperti ibu hamil, namun di dalam rahim ibu ada begitu banyak perkembangan pada janin.

Aneh, ya, ketika berbicara tentang ukuran janin selalu dibandingkan dengan aneka buah, tapi ini normal pada tahap awal kehamilan. Hal itu dimaksudkan agar ibu memiliki gambaran dengan mudah tentang bentuk dan ukuran janin saat itu. Jadi, saat ibu hamil 7 minggu, bayi ibu berukuran seukuran biji jagung atau raspberry, anggur, kacang polong atau bahkan blueberry. Bahkan rahim ibu saat ini berukuran seukuran buah jeruk. Mudah membayangkannya bukan.. ?

Janin usia 7 minggu telah tumbuh 10.000 kali lipat dari konsepsi pertama yang terjadi, namun ibu belum dapat merasakan gerakan bayi ibu. Gerakan bayi ibu akan terasa di trimester pertengahan trimester kedua nanti.

Selama perkembangan janin usia 7 minggu janin di rahim ibu berkembang dengan kecepatan yang luar biasa, dan bentuk embrionya secara perlahan mulai berubah menjadi bayi kecil, dengan lengan dan kaki muncul, dan jantung yang berdetak. ibu juga akan bisa menemukan ekor mungil, yang akan berangsur-angsur hilang.

Pada minggu ketujuh kehamilan ibu, bayi ibu telah melewati tiga set perkembangan ginjal (Pronephros, Mesonephros dan Metanephros). Namun, minggu ini janin akan mulai perkembangan set ginjal terakhir yang akan digunakan untuk pengelolaan sisa pembuangan makanan. Dan pada minggu-minggu berikutnya, bayi ibu akan mulai menghasilkan air seni yang akan menjadi bagian dari cairan ketuban.

Dalam kehamilan 7 minggu, ibu akan lebih sering merasa mual, morning sicknesses atau gejala awal kehamilan lainnya. Ibu sebaiknya menghindari atau berhubungan langsung dengan orang-orang yang sakit di minggu-minggu awal ini. Beberapa penyakit seperti campak jerman rubela dan Virus Parvo / Parvovirus B19, yang dapat ditularkan oleh anak-anak yang terjangkiti virus ini. Selain itu, ibu juga harus sangat berhati-hati terhadap hewan tertentu pada saat ini terutama pada trimester pertama ini. Kambing dan domba, khususnya, dapat membawa infeksi yang menyebabkan keguguran, dan juga kotoran kucing dapat menyebabkan infeksi parasit yang disebut toxoplasmosis.

Perkembangan Janin Minggu Ke 7

  • Bila ibu melihat janin ibu di minggu ketujuh, ibu mungkin menemukan ekor, yang sebenarnya merupakan perpanjangan tulang ekor bayi.
  • Mata janin yang sebelumnya tembus pandang sekarang mulai terlindungi oleh kelopak mata.

Tangan dan kaki janin akan menumbuhkan lengan dan tungkai. Tangan dan kaki mungkin terlihat seperti dayung pada saat ini. Secara teknis, bayi ibu masih dianggap sebagai embrio dan memiliki ekor kecil, yang merupakan perpanjangan tulang ekor. Ekor akan menghilang dalam waktu beberapa minggu, walau sebenarnya tidak hilang sama sekali hanya semakin kecil. Bayi ibu telah berlipat ganda ukurannya sejak minggu sebelumnya dan sekarang akan berukuran sebesar kacang polong dengan berat sekitar 0,8 gram.

Jika ibu bisa melihat ke dalam rahim ibu, ibu akan menemukan lipatan kelopak mata yang sebagian menutupi matanya, dan sudah memiliki beberapa warna mata, begitu pula ujung hidungnya dan pembuluh darah kecil di bawah kulit. Pada titik ini, kedua belahan otak bayi ibu akan mulai tumbuh, dan hati mengaduk Sel Darah Merah sampai sumsum tulangnya terbentuk dan mengambil alih fungsi ini.

Bayi juga memiliki usus buntu dan pankreas, yang secara bertahap akan menghasilkan hormon yang dikenal sebagai insulin yang akan membantu dalam pencernaan. Sebuah lingkaran di usus bayi ibu berkembang menonjol ke tali pusarnya, yang sekarang memiliki pembuluh darah yang terdefinisi dengan baik untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke sana kemari dari tubuh bayi.

Melihat Perkembangan Janing Usia 7 Minggu di dalam Rahim Ibu

Melihat Perkembangan Janing Usia 7 Minggu di dalam Rahim Ibu

  • Kandung kemih: Ibu mungkin segera mulai mengamati dorongan yang lebih sering untuk buang air kecil. Volume darah di tubuh ibu meningkat, dan dengan demikian menghasilkan banyak cairan ekstra yang akhirnya berakhir di kandung kemih ibu.
  • Kelopak mata: Lipatan kelopak mata janin sekarang mulai terlihat dengan demikian mata janin ibu mulai terlindungi sebagian.
  • Tulang ekor: Ibu mungkin menemukan sesuatu seperti ekor pada janin, dan ini tidak lain hanyalah tulang ekor, dan itu akan hilang dalam beberapa minggu ke depan.
  • Tali pusat: Lingkaran usus bayi ibu berkembang ke tali pusar.

Seberapa Besar Ukuran Janin Ibu Minggu ke 7 ini?

Pada perkembangan janin usia 7 minggu, janin ibu sekarang kira-kira seukuran kacang polong. Kuncup lengan, yang terbentuk minggu sebelumnya, sekarang akan terlihat seperti dayung.

  • Panjang Bayi: Panjang bayi akan kira-kira 0,5 inci.
  • Bobot Bayi: Berat badan kurang dari 0,8 gram.

Perubahan Fisik Ibu Pada Kehamilan Minggu Ke 7

Nafsu makan Ibu mungkin mulai terganggu karena mual dan muntah yang dikenal dengan morning sickness. Ibu juga akan sering mengalami buang air kecil karena volume darah dan cairan yang diproses ginjal bertambah banyak. Di usia kehamilan 7 minggu, Ibu sudah memiliki volume darah 10% lebih banyak dibanding sebelum masa kehamilan. Tapi menjelang akhir kehamilan ibu, ibu akan memiliki sekitar 40 – 45 % lebih banyak darah yang mengalir melalui pembuluh darah ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi ibu.

Pola hidup sehat adalah suatu keharusan selama kehamilan. Bila Ibu merasa sedikit malas, coba pertimbangkan dampaknya terhadap janin ibu. Sebaiknya, hindari makanan atau minuman yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

Perubahan fisik dan gejala umum yang perlu diperhatikan selama kehamilan minggu ke 7

  • Sering buang air kecil: Ibu sering buang air kecil berkat hormon kehamilan hCG yang meningkatkan aliran darah ke daerah panggul ibu. Ingatlah untuk tetap perbanyak minum meskipun sering buang air kecil sebab tubuh dan bayi ibu membutuhkannya!
  • Kelelahan: kehamilan adalah tugas yang melelahkan, terutama karena didalam rahim ibu masih dalam perkembangan janin tahap awal, jadi dengarkan tubuh ibu dan beristirahatlah. Salah satu cara untuk menjaga energi ibu tetap terjaga sepanjang hari, makanan sedikit tapi sering atau mengemil akan membuat gula darah ibu tetap segar.
  • Perubahan payudara: Meski terlihat lebih besar dari sebelumnya, payudara ibu mungkin tidak terlihat bagus karena adanya pembuluh darah biru. Pembuluh ini akan mengangkut semua nutrisi dan cairan pada bayi ibu saat mulai menyusui nanti. Untuk saat ini, investasikan krim stretch mark dan bra hamil yang bagus untuk meminimalkan kendur.
  • Air liur berlebihan: Saat ibu mengira morning sickness sudah cukup buruk, ditambah dengan air liur yang berlebihan jangan kwatir hal ini akan hilang pada akhir trimester pertama, tapi untuk saat ini, cobalah mengunyah permen karet tanpa gula.
  • Mengidam makanan: Mengidam makanan merupakan cara tubuh ibu memberitahukan ibu perlu memperbaiki gizi, namun kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat. Tetap perhatikan asupan makanan ibu supaya kebutuhan zat gizi penting yang diperlukan ibu hamil dan janin tetap terpenuhi dan membawa manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Sebaiknya makan makanan yang sehat saat ngidam, walaupun keinginan untuk makan makanan saat ngidam tidak dapat ditentukan.
  • Mulas: Efek samping lain yang benar-benar normal, tapi benar-benar tidak menyenangkan. Hindari makanan pedas atau berlemak, minuman berkafein karena ini akan membuatnya menjadi lebih buruk, coba juga minum sebelum atau sesudah ibu makan.
  • Berat badan naik: Ibu mungkin tidak terlihat seperti sedang mengandung bayi, tapi mungkin ibu sudah mengalami kenaikan berat badan. Ini benar-benar normal – kebanyakan wanita akan naik 11-15 kg selama kehamilan.
  • Kram: Ini normal selama trimester pertama, tapi jika terjadi nyeri pada bahu atau leher, atau ibu mengalami nyeri yang tidak biasa, segera hubungi dokter ibu.

Tips Kehamilam Usia 7 Minggu

  • Menjaga kebersihan mulu dan gusi. Penyakit mulut dan gusi minimal sering dikaitkan dengan kelahiran prematur dan komplikasi lainnya. Tanyakan kepada dokter bagaimana menjaga kebersihan mulut. Ingat, selama kehamilan tidak disarankan melakukan x-ray.
  • Usahakan mengonsumsi banyak jahe. Banyak wanita mengatakan bahwa biskuit, minuman, atau permen jahe dapat menenangkan gejolak perut.
  • Makan kue kering atau biskuit sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari.
  • Makan sedikit tapi sering agar perut Ibu selalu terisi.
  • Walaupun Ibu mendadak tidak tahan terhadap bau-bauan makanan atau minuman tertentu, tetaplah minum banyak cairan seperti jus buah.

Baca juga artikel dan video perkembangan janin

Next : Perkembangan Janin Minggu ke 8

Prev : Perkembangan Janin Minggu Ke 6

Catatan

  • Para ahli mengatakan setiap perkembangan janin di dalam rahim tumbuh secara berbeda-beda. Info perkembangan janin minggu ke 7 ini dirancang untuk memberi gambaran umum tentang bagaimana janin tumbuh di rahim.
  • Informasi yang disediakan oleh Info Ibu dan Anak tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia layanan kesehatan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Ibu untuk mendapatkan saran mengenai kondisi medis yang spesifik.

Referensi