Cegah Campak dan Rubella, Pemerintah Kampanyekan Imunisasi MR

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melaui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mengalami penyakit ini beresiko tinggi tertular.

188

Saat ini Indonesia telah terbebas dari penyakit cacar, polio, tetanus ibu dan neonatal. Sekarang ini sedang digalakan kampanye imunisasi MR, yaitu imunisasi Campak (Measles) dan Rubela (Campak Jerman) di pulau Jawa mulai Agustus sampai September 2017. Di Indonesia Vaksin campak secara rutin diberikan kepada semua anak atau balita, dibagi menjadi dua dosis pada umur 9 bulan dan 18 bulan. Kini vaksin Rubella akan ditambahkan (M–>MR), yaitu vaksin Measles (campak), Rubella (Campak Jerman), dan vaksin Mumps (gondongan) dalam program Imunisasi Nasional.

Kampanye Imunisasi Rubela Campak di Pulau

Campak, atau Rubella, adalah infeksi virus pada sistem pernafasan. Campak adalah penyakit yang sangat menular yang bisa menyebar melalui kontak dengan lendir dan ludah yang terinfeksi. Orang yang terinfeksi dapat melepaskan infeksi ke udara saat mereka batuk atau bersin.

Virus campak bisa hidup di permukaan selama beberapa jam. Saat partikel yang terinfeksi masuk ke udara dan mengendap di permukaan, siapa pun yang berada dalam jarak dekat bisa terinfeksi.

Minum dari gelas orang yang terinfeksi, atau berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi, meningkatkan risiko infeksi Anda.

Campak merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak. Dari 114.900 kematian global terkait campak pada tahun 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa sebagian besar korban berusia di bawah 5 tahun.

Campak/Measles menyebabkan demam, ruam, batuk, dan pilek, dan mata merah dan berair. Komplikasi dapat meliputi infeksi telinga, diare, pneumonia, kerusakan otak, dan kematian.
Imunisasi MMR berbeda dengan MR.

Untuk Campak/Measles, komplikasi yang sering terjadi adalah pneumonia (radang paru-paru), ensefalitis (radang otak ) dan meningitis (radang selaput otak ) yang sangat mengancam jiwa atau membuat kecacatan seumur hidup bagi penderitanya. Untuk Rubella/campak jerman, komplikasinya yang sering terjadi berupa artritis (radang sendi) hingga ensefalitis (radang otak ), Jika anak yang terkena campak dan menularkannya kepada ibu hamil, janin yang dikandungnya akan menderita retardasi mental, katarak, tuli, kelainan jantung dan gangguan pertumbuhan.

Leaflet pertanyaan seputar imunisasi MR atau penyakit Campak Rubella

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan melakukan kampanye Imunisasi MR, dan menargetkan kurang lebih 70 juta anak sasaran imunisasi dalam dua tahap pada 2017-2018. Kampanye Fase-I akan dilakukan pada bulan Agustus – September 2017 di enam provinsi di Pulau Jawa (Banten, Jakarta, Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta). Kampanye ini bertujuan untuk memberikan vaksin MR (campak dan rubela) kepada lebih dari 35 juta anak-anak di kelompok usia 9 bulan sampai 15 tahun. Sedangkan, fase-II akan dilakukan pada bulan Agustus – September 2018 di 28 provinsi yang tersisa di luar pulau Jawa (Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

Pemberian vaksin MR tambahan melalui Kampanye MR ini diberikan kepada semua anak Indonesia tanpa mempertimbangkan status vaksinasi campak atau MMR sebelumnya.

  1. 1 Agustus dan seterusnya: Anak-anak di sekolah akan divaksinasi (usia 6 tahun sampai di bawah 15 tahun). Semua sekolah (pemerintah, swasta, sekolah agama, dan lain-lain) akan menjalani vaksinasi.
  2. 1 – 30 September : Anak 9 bulan sampai 5 tahun akan divaksinasi, vaksinasi akan diberikan melalui masyarakat / desa, RW / RT di Posyandu, dan Puskesmas.

 

Sebagai informasi, Kegiatan Kampaye Imunisasi MR menjadi langkah pemerintah untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat.

Dimanakah bisa mendapatkan Kampanye Imunisasi MR?
BULAN AGUSTUS : Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Kalo ada yang sdh berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga yaa diberikan imunisasi MR.

BULAN SEPTEMBER : Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Ayo, lindungi buah hati Ibu dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak dan Rubella.

Imunisasi Campak dan Rubella untuk Penuhi Hak Anak Indonesia

Sumber